Spiritual · Tokoh · Workshop Bisnis

Seminar : Tung Desem Waringin, Cerdas Financial Sedari Dini

Tabik Pun,

Suara pembawa acara gemuruh menyapa ratusan peserta seminar Cerdas Financial yang di sampaikan oleh motivator no 1 di Indonesia, Bapak Tung Desem Waringin. Motivator yang mengawali karir dengan brand activation yang tidak lazim, dengan menyebar uang di atas kota menggunakan helikopter.  Semenjak itu namanya terus melambung dan seminar-seminarnya mampu mengubah jutaan orang, dari pesimis terhadap kehidupan menjadi jiwa yang sangat optimis.

SeminarCerdas Financial ini di selenggarakan oleh Sekolah Darma Bangsa (SDB) Bandar Lampung, sekolah berbasis life skill yang tidak hanya mengajarkan ilmu pasti seperti matematika, kimia, fisika, biologi..tetapi lebih mengutamakan pada pengajaran ilmu kehidupan, cara mempelajari hidup, dan cara mengolah kehidupan. Setiap siswa bebas memilih ekstrakurikuler yang sesuai dengan interest dan behaviour-nya. Salah satu contohnya adalah pertunjukan drama musikal rorojongrang, yang sempat ditampilkan saat pembukaan seminar. Sekumpulan siswa-siswi membuat skenario, properti, setting, dan jadwal latihan. Pertunjukan ini menurut saya salah satu pertunjukan terhebat di Lampung karena menggunakan bahasa Inggris, dan mereka sangat piawai dalam menyampaikan ceritanya.

Sesaat kemudian, motivator yang sangat di nantikan mucul dari belakang peserta, seperti biasa, Pak Tung sangat energik langsung menghentak peserta seminar dengan teriakan semangat. Ahhhhh…hyaaaaa..uuhhh…, menurut Pak Tung gerakan mampu mengubah mood orang dari kesedihan menanggung banyak masalah menjadi lebih ceria, karena pada dasarnya manusia hanya mampu diam selama 10 menit, setelah itu akan bosan. Manusia ingin terlibat dalam 2 arah sehingga terjadi interaksi dan komunikasi yang baik.

Terhadap pengelolaan keuangan, manusia cenderung ingin menghabiskan sebagian besar uang lalu menyisihkan sisanya, cara ini dinilai tidak efektif untuk menjadi orang kaya. Cara yang efektif adalah dengan membagi penghasilan menjadi persentase pengeluaran :

Minimal 10% : disisihkan untuk investasi

Minimal 10% : untuk amal (sesuai dengan ajaran agama)

Minimal 10% : pendidikan, seminar, beli buku, traktir orang kaya

Minimal 10% : cadangan sewaktu-waktu ada kejadian luar biasa

Minimal 10% : untuk kesenangan, liburan, makan enak

Maksimal 50% : Habiskan untuk kebutuhan yang produktif seefektif mungkin

Bagaimana manusia dapat bertahan dalam kehidupan yang semakin tidak mudah ini?

Manusia harus mempunya nilai tambah (added value) di dalam dirinya, sehingga ada yang bisa dijual untuk bertahan hidup. Karena pada dasarnya menjual adalah aktifitas wajib, anda ingin mendapatkan pekerjaan yang layak, anda harus menjual diri saat interview. Latihlah anak-anak untuk berjualan sejak kecil. Untuk itu dibutuhkan sekolah yang mengajari selling day, creativity day dsb.

Untuk menjadi kaya, Ilmu paling penting adalah NYONTEK, ayo ditebelin, digaris bawahi, di ingat-ingat. Mencontek disini bukan mencontek hasilnya, tetapi cara orang lain sehingga menjadikan kaya dan bermanfaat untuk orang lain. Karena hidup manusia tergatung dari siapa yang ada disekitarnya. Bergaulah dengan pemuka agama sehingga anda akan menjadi bijaksana, bergaulah dengan akademisi sehingga anda akan menjadi orang yang kritis dan logis dsb. Kerjasamalah dengan orang sukses, dekati mereka disaat dirimu kesulitan, itu akan membuat lompatan nyata sebuah kesuksesan.

Mengapa manusia terkadang salah mengambil keputusan?

Karena datanya salah atau asumsinya salah. Sehingga membuat anda tidak tepat dalam mengambil keputusan dalam kehidupan. Seandainya dirimu sudah di anggap pendusta, maka asumsi orang akan seperti itu walau kebaikan sudah di berikan terus menerus. Untuk itu jaga asumsi baikmu dengan berbuat baik dan berguna untuk orang lain.

Investasi menjadi penyelamat di hari tua. Investasi yang baik adalah investasi leher keatas, yaitu investasi dalam hal pendidikan, mencari ilmu pengetahuan. Karena akan membuat anda lebih tepat dalam mengambil keputusan. Selain itu investasi ini tidak akan termakan waktu atau naik turunya nilai uang.

Bagaimana sikap kita dalam hal investasi?

  • Mengeluarkan lebih sedikit dari yang didapatkan
  • Menginvestasikan selisihnya
  • Investasikan ulang hasilnya
  • Hasilnya dari investasi-investasi itu untuk biaya gaya hidup

Semua orang bisa kaya karena :

  • Punya sejumlah uang
  • Punya Waktu
  • Pilihan investasi yang tepat
  • Disiplin dalam mengelola uang

Diakhir seminar, Pak Tung menguraikan bagaimana seorang pendidik atau orang tua dalam mengajarkan cara menghafal yang tepat kepada anak-anaknya. Salah satu caranya dengan menganalogikan suatu benda. Sebenarnya anak-anak dapat menghafal lebih banyak jika diberitahu cara menghafalnya, bukan hanya dipaksa untuk menghafal saja.

Ahhhh…Sangat lega bisa ketemu dengan Pak Tung Desem Waringin, semoga kebaikan bapak dalam mengajarkan ilmu penting ini di balas oleh Tuhan. Terimakasih Tapis Blogger Lampung, Kopi Lampung, Mbak Naqqiyah  D Syam sudah memberi kesempatan untuk menghadiri  seminar ini 🙂

Iklan

4 thoughts on “Seminar : Tung Desem Waringin, Cerdas Financial Sedari Dini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s